Jumat, 05 Maret 2010

Sistem Informasi

Sistem informasi termasuk salah satu dari siklus pengembangan system suatu sinergi antara data, mesin pengolah data (yang biasanya meliputi komputer, program aplikasi dan jaringan) dan manusia untuk menghasilkan informasi. Jadi sistem informasi bukan hanya aplikasi perangkat lunak. Sistem Informasi ada pada hampir setiap perusahaan atau instansi untuk mendukung kegiatan bisnis mereka sehari-hari. Biasanya porsi pengerjaan pengembangan sistem informasi diserahkan kepada orang-orang yang bekerja di bidang Teknologi Informasi.Dalam membangun suatu sistem informasi (dalam hal ini lebih mengacu kepada pengertian aplikasi perangkat lunak) digunakan metode Siklus Hidup Pengembangan Sistem (System Development Life Cycle atau SDLC).

Tahapan dari SDLC itu sendiri secara umum adalah :

  • - Pengumpulan data ( data ghatering )
  • - Perancangan Sistem (design)Merancang alir kerja (workflow) dari sistem dalam bentuk diagram alir (flowchart) atau Data Flow Diagram (DFD).
  • - Penulisan kode program (Coding)Programming (desktop application) atau Scripting (web-based application) hanyalah salah satu tahapan dari siklus hidup pengembangan sistem.
  • - TESTING biasanya tahapan ini dilakukan oleh Quality Assurance dari pihak pengembang untuk memastikan bahwa software yang dibangun telah berjalan sesuai dengan yang diharapkan.
  • - Instalasi Pada pengembangan aplikasi Client-Server, umumnya terdapat server untuk development, testing dan production.
  • - Pelatihan Pihak pengembang memberikan training bagi para pengguna program aplikasi sistem informasi ini.

  • - Pemeliharaan Maintenance bertujuan untuk memastikan bahwa sistem yang digunakan oleh pihak pengguna benar-benar telah stabil dan terbebas dari error dan bug.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar