Sabtu, 22 Mei 2010

Noca Hadir untuk Saingi PayPal

ika Anda pernah melakukan transaksi online di Internet, baik untuk membeli barang atau jasa, Anda mungkin mengetahui bahwa akan ada biaya ekstra 2-3% jika Anda melakukan transaksi dengan kartu kredit. Biaya itu muncul setiap kali Anda memanfaatkan jasa PayPal, Google Checkout, atau Amazon Flexible Payment Service karena perusahaan tersebut memindahkan biaya yang dikenakan oleh perusahaan kartu kredit yang harusnya mereka tanggung pada pengguna.

Noca, perusahaan baru yang didirikan oleh sejumlah mantan karyawan Visa berusaha menghapuskan biaya transaksi tersebut menggunakan layanan pembayaran online mereka. Pasalnya, di Amerika Serikat sendiri, dalam satu tahun biaya transaksi online sendiri mencapai angka sekitar 5 miliar dolar AS. Karena vendor hanya memiliki profit yang tipis, Noca berpendapat bahwa menghapuskan biaya transaksi akan lebih menguntungkan bagi pedagang online. Di saat yang sama Noca juga akan menghadirkan pengalaman berbelanja yang aman dan nyaman, sehingga menguntungkan kedua belah pihak.

Meski Noca dapat memfasilitasi pembayaran online berbagai skala, untuk awalnya mereka akan fokus ke micro payment. Khususnya transaksi yang dilakukan oleh para pengguna Facebook. Menurut TechCrunch, 9 Februari 2009, Noca telah meluncurkan 2 aplikasi Facebook untuk menguji coba sistem pembayaran mereka. Adapun aplikasinya adalah OneClick Pay dan Help YourWorld.

Aplikasi yang pertama menyediakan cara yang mudah untuk mengirimkan uang ke rekan penggunanya. Idenya adalah mengirimkan seseorang cek digital. Anda bisa menggunakan nomor rekening Anda, bukan kartu kredit. Menurut Noca, menggunakan informasi rekening jauh lebih aman dan mengurangi risiko pencurian identitas dibanding menggunakan nomor kartu kredit. Noca juga sedang mengerjakan fungsi yang memungkinkan penggunanya memasukkan informasi perbankan lainnya untuk verifikasi data.

Aplikasi kedua, Help YourWorld akan mengenakan pada penggunanya biaya 1 dolar AS per transaksi untuk donasi. Tetapi, pengguna layanan ini akan mendapatkan insentif seperti skema uang kembali, brosur atau panduan belanja, dan kemungkinan untuk memilih tujuan sebagian sumbangan yang sudah Anda berikan.

Noca menyatakan bahwa layanan mereka lebih mudah digunakan dibanding layanan lainnya seperti PayPal, dan pengguna juga akan mendapatkan akses ke sejarah transaksi yang pernah dilakukan. Jauh lebih lengkap dibandingkan dengan yang disediakan oleh layanan serupa lainnya. Untuk mendapatkan keuntungan, Noca akan beriklan dan menawarkan produk-produk pada penggunanya.

http://teknologi.vivanews.com/news/read/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar