Sabtu, 22 Mei 2010

Rp 35 Triliun, Nilai e-Commerce Indonesia

Nilai perdagangan lewat internet di Indonesia saat ini ternyata mencapai sekitar US$ 3,4 miliar atau sekitar Rp 35 triliun.

Hal itu diungkapkan oleh Director eBay Allis Ghim melalui rilis yang diterima oleh VIVAnews Jumat 15 Mei 2009.

"Dengan jumlah pengguna internet yang mencapai 17 juta dan nilai e-commerce sebesar 3,4 milyar dolar AS menurut lembaga penelitian IDC, Indonesia merupakan pasar yang potensial bagi kami," papar Ghim.

Oleh karenanya, penyedia layanan online marketplace eBay merasa optimis dengan peluang yang ada di Indonesia seiring dengan pertumbuhan jaringan infrastruktur online yang tumbuh pesat.

Hingga kini, Ghim menjelaskan, total nilai barang-barang yang ditransaksikan oleh pengguna eBay di Indonesia meningkat sebesar 52 persen.

Kategori-kategori barang yang paling sering diperdagangkan oleh pengguna Indonesia meliputi kategori perhiasan dan jam tangan, pakaian dan aksesoris, serta rumah dan taman.

Kini masyarakat Indonesia dapat mendaftar pada situs berbahasa Indonesia di website resmi eBay Indonesia, dan berjualan atau membeli secara internasional melalui situs global eBay.

Kini eBay juga menyediakan dua pilihan bahasa, pilihan Bahasa Inggris maupun Bahasa Indonesia. Pengguna Indonesia sendiri, pertama kali terdaftar di eBay, yakni pada September 2006.

Situs eBay juga bakal menyelenggarakan seminar e-commerce gratis bagi pebisnis dan entrepreneur Indonesia bertajuk 'Export Opportunities via eBay's Global Online Marketplace'.

Seminar ini juga akan membahas bagaimana caranya menggunakan eBay untuk menjangkau berjuta-juta pembeli di seluruh dunia.

Tujuan seminar tersebut adalah untuk mengembangkan dan memperluas bisnis mereka dengan memanfaatkan eBay sebagai channel distribusi.

Dengan lebih dari 88 juta user di seluruh dunia dan hadir di 39 negara, eBay menyediakan peluang tanpa batas bagi para user di Indonesia untuk melakukan pembelian dan penjualan di seluruh dunia.

Menurut survey yang dilakukan oleh AC Nielsen pada tahun 2006, sekitar 1,3 juta orang menggunakan eBay sebagai sumber penghasilan utama atau penghasilan tambahan mereka.

http://teknologi.vivanews.com/news/read/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar