Kamis, 29 April 2010

APA KAU TELAH DAPAT GANTI RUGI (Karya: Suripan Sadi Hutomo)

Apa kau telah dapat ganti rugi
Dari tanahmu yang dibuat pabrik jerami
Apa kau telah dapat ganti rugi
Apakah kau hanya dibohongi?

Materai dan kertas berhuruf kanji
Tak seindah bunga bakung di tepi kali
Materai dan kertas yang digores belati
Tak seindah jerami menoreh pasir di bumi

Telah ditebang ohon kedondong dan maoni
Telah ditebang pohon-pohon hijau trembesi
Telah ditebang pohon-pohon pakisaji
Telah ditebang jiwamu yang tidak ditopang beton bersigi

Aku sebagai saksi
Aku semut yang bersarang did au pakisaji
Aku ulat yang merayap di kelopak kulit trembesi
Aku burung pelatuk yang berumah di pohon maoni

Apa kau telah dapat ganti rugi
Dari tanahmu yang dibuat pabrik jerami
Apa kau telah dapat ganti rugi
Apakah kau hanya dibohongi??

Aku sebagai saksi
(27 Mei 1990)

1 komentar: