Kamis, 29 April 2010

Ikan Mas

Nirmala adalah putrid cantikyang baik hati. Ia suka menolong siapa saja. Nirmala pintar menyuap. Ia mempunyai tongkat wasiat yang sakti. Nirmala mempunyai teman bernama oki. Oki setia menemani Nirmala ke mana ia pergi. Suatu hari Nirmala mengajak Oki.
“Ayo bertamasya ke tepi danau, ki!” Ajak Nirmala.
“Ayo! Aku juga sudah lama tidak memancing,” jawab Oki.
Tidak lama keduanya pun berangkat ke danau. Oki membawa pancing. Nirmala membawa keranjang makanan dan buku cerita. Setiba di danau., oki segera mencari tempat yang nyaman untuk memancing. Nirmala pun mencari tempat yang rindang agar dapat membaca dengan nyaman. Tiba-tiba seorang anak duyung muncul di dekat Nirmala. Ia mencuri tongkat wasiat milik Nirmala .
Oki melihat anak duyung itu,”Hai, kembalikan tongkat itu!”serunya. tetapi duyung itu tidak menggubris teriakan oki. Ia berenang ke tengah danau dan memanggil-mangil temannya. Sebentar saja anak-anak duyung yang alin mengeruminya.
“Aku akan membuat air mancur sehingga kita lebih asyik., teman-teman,” ujar anak duyung itu. Ia mengangkat tongkat wasiat dan menyulap.”Mana iar mancurnya?”seru anak-anak duyung tidak sabar.
“Oki, lihatlah apa itu yang muncul?”Tanya Nirmala.
“wow seekor ikan mas besaar!” teriak Oki.
Anak duyung itu pasti salah sulap. Bukannya air mancur yang muncul tetapi seekor ikan mas besar. Karena terkejut, anak-anak duyung itu berenang menyebar. Sementara ikan ma situ mengejar-ngejar mereka.
“tolong-tolong!” jerit anak-anak duyung. Nirmala mau menolong mereka tetapi oki melarangnya. “biarkan dulu! Supaya mereka kapok!” agak kemudian barulah Nirmala bertindak. Ia terbang mengambil tongkat wasiat dari anak-anak duyung.
“bim salabim!”Nirmala menyulap ikan ma situ ke ukuran semula. “Uuh,” anak-anak duyung itu tampak lega.”Hihi, sebenarnya kalian tudak perlu takut . Ikan mas kan tidak galak. Ia mengejar kalian karena ingin bermain dengan kalian,”kata Oki.
Nirmala yang baik hati merasa kasihan melihat ikan duyung yang kelelahan.” Setelah berkejar-kejaran, kalian pasti lapar. Ini kubawakan makanan,” kata Nirmala.
Wah girangnya anak-anak duyung itu. Mereka makan dengan sangat lahap.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar