Sabtu, 12 Juni 2010

US$ 4,6M Digelontorkan Panasonic untuk Sanyo

Produsen TV plasma terkemuka di dunia mengumumkan akan mengakuisisi sebagian besar saham Sanyo. Panasonic akan menyerahkan US$4,6 miliar ke Sanyo untuk mendapatkan 50,2 persen saham Sanyo.

Seperti dikutip dari Softpedia, 12 Desember 2009, kesepakatan akuisisi ini membuat Panasonic bisa memanfaatkan keahlian Sanyo dalam panel solar dan baterai yang bisa diisi ulang. Sedangkan, rivalnya bisa menstabilkan situasi finansial dengan modal yang diterima.

Meski menguasai merek-merek Sanyo, Panasonic akan tetap mendaftarkan saham-saham Sanyo di Tokyo Stock Exchange.

Panasonic tertarik untuk mendapatkan saham mayoritas Sanyo sejak lebih dari satu tahun lalu. Dan tampaknya, persoalan finansial yang melilit Sanyo membuatnya menyerah dan bersedia menjadi bagian dari Panasonic.

Alasan di balik penantian 13 bulan Panasonic bukan karena Sanyo tidak rela menjual sahamnya. Namun, Panasonic harus menunggu izin dari otoritas anti monopoli di Amerika Serikat, China, dan Uni Eropa, sebelum diizinkan mengambil alih.

Pengambilalihan ini juga memungkinkan jika menimbang bahwa Sanyo dibiayai oleh saudara ipar pendiri Panasonic, Konosuke Matsushita. Sanyo mengalami kerugian 30,6 miliar yen antara April dan September 2009. Dalam periode yang sama tahun sebelumnya, Sanyo meraih laba 8,7 miliar yen.
http://teknologi.vivanews.com/news/read/113363-us__4_6m_digelontorkan_panasonic_untuk_sanyo

Tidak ada komentar:

Posting Komentar